Repository TI UJB

Temukan Semuannya di Sini

Search


  1. a

  2. d

    d

  3. aw

    p

  4. 222

    dfwft

  5. 111

    dex

  6. H

    RPS Data Mining 2

  7. RPS Stuktur Data 2020

    Mata kuliah yang diterapkan bersama-sama dalam algoritma membetuk sebuah program. Pentingnya konsep struktu data dari atomik sampai terstruktur yang dimplementasikan dalam kasus sederhana.

  8. RPS Komunikasi Data

    RPS Mata kuliah Komunikasi Data mempelajari tentang teori dan dasar-dasar dari komunikasi data, cara komunikasi data, teknik komunikasi, model komunikasi, komunikasi disekitar kita, teknik modulasi, bandwidth, multiplexing, pemampatan, media koneksi, cara koneksi, dan integritas data.

  9. RPS Matematika Diskrit

    RPS Matematika Diskrit

  10. RSP Struktur Data

    Mata kuliah yang diterapkan bersama-sama dalam algoritma membetuk sebuah program. Pentingnya konsep struktu data dari atomik sampai terstruktur yang dimplementasikan dalam kasus sederhana.

  11. RPS Sistem Informasi Enterprise

    Menjawab tantangan akan kebutuhan informasi dan pengambilan keputusan yang semakin butuh kecepatan dan ketepatan tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan cara platform teknologi yang bisa menyatukan semua informasi dan data.

  12. RPS Pengantar Teknologi Informasi

    Memberikan pengenalan menyeluruh mengenai bidang Informatika yang meliputi: body of knowledge, aplikasi terapan Informatika dalam berbagai bidang, peran informatika dalam masyarakat. Mahasiswa diajak untuk mengeksplorasi mengenai bidang Informatika untuk memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai disiplin Informatika sebagai pedoman dan pijakan dalam masa studi.

  13. RPS Metode Numerik

    Metode Numerik adalah cabang ilmu Matematika yang menawarkan metode yang efektif untuk menemukan solusi atas masalah-masalah matematik yang sulit dipecahkan dengan cara analitik. Metode ini berupa menstubtitusikan setiap variabel di dalam persamaan dengan sebuah angka riil kemudian mengubah-ubah angka itu terus menerus secara sistematis hingga diperoleh hasil perhitungan yang memenuhi persamaan yang bersangkutan. Proses mengganti variabel dengan angka dilakukan secara iteratif hingga ratusan atau ribuan kali. Oleh karena itu metode ini sangat cocok dilaksanakan dengan bantuan programming (komputasi). Pada mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari solusi numerik untuk persamaan linier, persamaan kuadratik, persamaan kubik (pangkat tiga), persamaan polinomial lain, persamaan turunan dan persamaan integral.

  14. RPS Matematika Diskrit

    Materi kuliah Matematika Diskrit yang diberikan ditekankan pada pengertian dan pemahaman tentang Sistem Bilangan, Anggota Diskret, Garis Bilangan dan Macam-macam Bilangan Himpunan, anggota himpunan, Metode penulisan himpunan, Operasi dan hubungan dua himpunan, Relasi, Hubungan dua himpunan, Macam-macam Fungsi, Fungsi, Fungsi komposisi dan Fungsi Invers, Barisan suku-suku, Notasi sigma dan sifat-sifat dan deret, aksioma, theorema, Pembuktian menggunakan induksi matematika, Faktorial, kombinasi dan koefisien binomial, Permutasi, Permutasi melingkar, Permutasi dengan obyek ada yang sama, Peluang, Peluang diskret, Peluang bersyarat, Aljabar dan aljabar Booelean, gerbang logika, Teori group, ring dan field, Graph, graph berarah dan jenis-jenis graph , Graph isomorfik, lintasan dan sirkuit, Modulo, Modulo aritmetika, Modulo invers, Pengertian fungsi, Fungsi Hash dan Fungsi modulo.

  15. RPS Manajemen Proyek Perangkat Lunak

    Mata kuliah manajemen proyek diadakan dengan harapan mahasiswa dapat memahami dan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip manajemen proyek secara menyeluruh dan benar. Materi dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu : 1. konsep dan area ilmu manajemen proyek : perilaku dan dinamika proyek, proyek dan manajemen fungsional, profesi dan area ilmu manajemen proyek, konsep sistem dan pengelolaan integrasi 2. kelayakan proyek dan keputusan investasi : studi kelayakan dan aspek pasar, aspek teknis, aspek finansial aspek sosial ekonomi, pendanaan proyek, amdal dan dampak lingkungan proyek 3. perencanaan, perangkat dan peserta : perencanaan strategis dan operasional proyek, perencanaan waktu dan jaringan kerja, metode dan teknik perencanaan penyusunan jadwal dan sumber daya

  16. RPS Logika Algoritma

    Materi kuliah Logika Algoritma yang diberikan ditekankan pada pengertian dan pemahaman tentang Pengertian Sistem Bilangan, Garis Bilangan, Operasi Angka, himpunan, pemetaan (fungsi), fungsi komposisi, fungsi Invers, Sistem Operasi Bilangan, Sistem Nilai Tempat (Basis), Pemakaian Angka di Komputer, Kalimat Pernyataan Tunggal, Kalimat Pernyataan Majemuk, Tabel Kebenaran, Hukum-Hukum Kalimat Pernyataan, Pembuktian dengan Tabel Kebenaran Contoh-contoh Pemakaian, Kuantor Universal, Kuantor Eksensial, Kalimat Terbuka, Kalimat Tertutup, Logika Himpunan, Metode Penulisan Himpunan, Bentuk/ Jenis Himpunan, Operasi Himpunan, Sifat / Hukum Himpunan, Himpunan pada Rangkaian Listrik, Himpunan pada Komputer,Logika Program, Kerangka Pikir, Diagram Alur, Contoh Penggunaan, modulo, fungsi modulo, Pemakaian Flouchart, Algoritma Merancang Program.

  17. RPS Kalkulus Integral

    Materi kuliah Kalkulus Integral yang diberikan ditekankan pada pengertian dan pemahaman tentang Pengertian Integral, Hubungan Diferensial dengan Integral, Integral Tak Tentu, Integral Tertentu, Integral Trigonometri, Integral Parsial, Integral Fungsi Rasional Murni, Tidak Murni, Integral Fungsi Trigono dengan bentuk Rasional dan Substitusi Khusus bentuk rasional, bentuk irasional, Substitusi Khusus lanjutan dan Rumus-Rumus Reduksi, Teorema Fundamental Integral, Penggunaan Integral Tertentu, menghitung luas daerah, aturan Simpson dan aturan Trapezoidal, Volume benda putar, Panjang busur dan luas luasan benda putar, momen terhadap sumbu x atau sumbu y, titik pusat massa / Sentroid dan momen inertia ; Teorema Pappus-Guldin, Integral dengan Fungsi gamma, Fungsi Beta dan hubungan fungsi beta dengan fungsi gamma.

  18. RPS Kalkulus Diferensial

    Materi kuliah Kalkulus Diferensial yang diberikan ditekankan pada pengertian dan pemahaman tentang dimensi dan sistem bilangan yang merupakan basic dari informatika, dimensi 0 berupa titik, dimensi 1 berupa garis (kumpulan dari titik-titik), menggunakan garis bilangan, persamaan, pertidaksamaan, dikenalkan himpunan, hubungan khusus dua himpunan berupa pemetaan/fungsi, dimensi 2 berupa bidang (kumpulan dari garis-garis), menggunakan sistem koordinat kartesius, dikenalkan titik, garis lurus, parabola, lingkaran, dan lainnya, grafik ; notasi sigma, deret, barisan/sequence, pengertian limit, dikenalkan garis singgung yang menyinggung kurva disuatu titik, pengertian turunan / diferensial, dimensi 3 berupa ruang (kumpulan bidang-bidang), dilanjutkan dengan penggunaan turunan, menentukan nilai pendekatan, kecepatan percepatan, grafik naik / turun, cembung/cekung, titik maksimum/minimum, titik belok, melukis grafik, fungsi kebentuk polinomial dengan menggunakan deret Maclaurin/ Taylor.

  19. RPS Kecerdasan Buatan

    Mata kuliah ini akan memberikan dasar tentang kecerdasan buatan yang berfokus pada beberapa aplikasi dari kecerdasan buatan dan beberapa teknik penyelesaian masalah dalam kecerdasan buatan yang dikenal dengan soft computing. Selain itu mempelajari beberapa teori dan aplikasi dari sistem cerdas.

  20. RPS Statistika dan Probabilitas

    Matakuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan mengenai konsep dasar statistika dan probabilitas, pencacahan titik contoh, distribusi probabilitas diskret, distribusi normal, distribusi sampling, pendugaan parameter, pengujian hipotesis dan uji khi-kuadrat.

  21. RPS Desain dan Analisis Algoritma

    Mata kuliah ini membantu mahasiswa dalam memahami beberapa metode perancangan algoritma untuk menyelesaikan masalah-masalah seperti metode iterative, divide and conquer, decrease and conquer, transform and conquer, greedy, branch dan bound. Pembahasan setiap algoritma disertai dengan dua aspek yang terpenting yaitu correctness dan complexity. Topik-topik yang akan dibahas meliputi: Algoritma-algoritma sorting: InsertionSort, SelectionSort, HeapSort, QuickSort, MergeSort, Algoritma-algoritma Greedy: Knapsack problem, TSP, Huffman codes; Algoritma-algoritma pada graphs: BFS, DFS, shortest path, topological sort.

  22. RPS Algoritma dan Pemrograman

    Mata kuliah yang bahas mengenai pemahaman dan penggunaan algoritma yang dijadikan dasar untuk melakukan analisis suatu permasalahan yang berkaitan dengan logika yang diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman. Sebagian besar mata kuliah ini berupa latihan- latihan secara intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam mencari suatu solusi dalam permasalahan logika yang dihadapi yang dituangkan ke dalam algoritma dan diimplementasikan ke dalam suatu Bahasa pemrograman.

  23. MoU AMIK Cipta Dharma Surakarta

    MoU AMIK Cipta Dharma Surakarta

  24. MoU PT. Gamatechno

    MoU PT. Gamatechno

  25. MoU Politeknik Pratama Mulia Surakarta

    MoU Politeknik Pratama Mulia Surakarta

  26. MoU PT. Gameloft Indonesia

    MoU PT. Gameloft Indonesia

  27. MoU STMIK Elrahma

    MoU Penelitian Pengabdian dengan STMIK Elrahma

  28. MoU Trust Academic Sertifikasi Microsoft

    MoU Sertifikasi Keahlian Microsoft Technology Academy

  29. Renstra Prodi Teknik Informatika

    Renstra Prodi Teknik Informatika

  30. RPS Sistem Informasi Enterprise

    RPS Sistem Informasi Enterprise

  31. RPS Struktur Data

    RPS Struktur Data

  32. RPS Perangkat Bergerak

    RPS Perangkat Bergerak

  33. RPS Rekaya Perangkat Lunak

    RPS Rekaya Perangkat Lunak

  34. RPS Sistem Pakar

    RPS Sistem Pakar

  35. RPS Visualisasi Data dan Informasi

    RPS Visualisasi Data dan Informasi

  36. Template Laporan Praktikum

    Template Laporan Praktikum

  37. Template Laporan Tugas Akhir

    Template Laporan Tugas Akhir

  38. Template Laporan Kerja Praktek

    Template Laporan Kerja Praktek

  39. Formulir Pengajuan TA

    Formulir Pengajuan TA

  40. Formulir Pendadaran 2

    Formulir Pendadaran 2

  41. Formulir Pendadaran 1

    Formulir Pendadaran 1

  42. Formulir Kelayakan Proposal TA

    Formulir Kelayakan Proposal TA

  43. Formulir KP

    Formulir KP

  44. Evaluasi Studi TA Kurikulum 2016

    Evaluasi Studi TA Kurikulum 2016

  45. Evaluasi Studi Kerja Praktek Kurikulum 2016

    Evaluasi Studi KP 2016

  46. RPS Data Mining

    Mata kuliah yang berisi pengajaran tentang data, teknik-teknik mengolah data, teknik penggalian data, sehingga diperoleh pola-pola tertentu yang dapat menjadi informasi yang berguna dan juga aplikasi dan permasalahan penerapannya pada kondisi riil.

  47. Evaluasi Studi Kerja Praktek Kurikulum 2010

    Formulir KP

  48. Pengajuan TA

    Pengajuan TA

  49. Panduan KP TA

    Panduan KP TA

  50. Manual Prosedur Akademik

    Manual Prosedur Akademik

  51. RPS SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

    Matakuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan mengenai konsep sistem pendukung keputusan, yang membahas teknologi untuk mengembangkan aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK), dimana pengambilan keputusan tidak lagi ditunjang hanya oleh intuisi pimpinan (management) melainkan didukung oleh hasil analisis dari kumpulan data yang ada. Dengan mengunakan metode alternatif untuk keputusan terbatas dan metode multi atribute yang dapat dikombinasikan dengan fuzzy